Apakah Panel Surya dapat Bekerja di Malam Hari dan Saat Mendung?

 

Kita sering bertanya-tanya "apakah panel surya dapat berfungsi pada malam hari?". Jika Anda menggunakan panel surya untuk penggunaan listrik rumah, penting untuk memahami bagaimana panel surya dapat menjadi sumber daya yang dapat diandalkan pada saat malam dimana tidak ada sinar matahari.


Bagaimana Cara Kerja Panel Surya di Malam Hari?


Tujuan dari sistem panel surya adalah untuk menyerap sinar matahari, juga dikenal sebagai energi fotovoltaik (PV), dan mengubahnya menjadi daya arus searah (DC). Daya DC dikirim melalui sistem inverter untuk diubah menjadi listrik arus bolak-balik (AC), yang merupakan jenis energi yang digunakan pada kebanyakan rumah. Pada saat kondisi ini, panel surya Anda dapat memberi pasokan listrik ke rumah. Jika solar panel memproduksi lebih banyak listrik daripada yang Anda butuhkan, kelebihannya akan dikirimkan kembali ke jaringan listrik PLN.



Karena panel surya hanya dapat menghasilkan listrik di siang hari, pertanyaannya kemudian menjadi “bagaimana panel surya akan menyediakan daya semalaman jika tidak ada sinar matahari?” Ada dua solusi utama yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. On grid dan teknologi off grid yang memungkinkan sistem panel surya mengakses listrik sepanjang malam walaupun pada saat produksi panel surya tidak aktif, baik melalui sambungan ke jaringan listrik atau ke baterai. Berkat koneksi jaringan yang terintegrasi dan sistem penyimpanan energi surya, panel surya merupakan solusi energi tanpa henti 24 jam.



Bagaimana Sistem On Grid Bekerja Sepanjang Malam


Salah satu alasan terbesar bahwa sistem panel surya rumah adalah investasi yang baik adalah sistem on grid. Berikut cara sederhana untuk memahami apa yang diukur oleh sistem on grid: ketika panel surya menghasilkan kelebihan daya, kelebihan energi ini akan dikirimkan ke jaringan PLN. Pada saat malam hari kelebihan kredit yang sebelumnya dikirimkan ke PLN dapat digunakan. Idealnya, kredit yang diperoleh dari produksi energi berlebih akan memenuhi kebutuhan pasokan listrik dari jaringan PLN. Dalam hal ini, jaringabn PLN berfungsi sebagai penyimpan energi. Artinya, kelebihan produksi energi akan digantikan dengan tagihan listrik yang lebih murah.



On grid juga berarti rumah tetap menggunakan koneksi ke jaringan listrik konvensional (PLN) walaupun setelah memasang panel surya. Koneksi on grid memastikan Anda masih memiliki koneksi listrik terlepas dari perubahan cuaca atau musim.


Apakah Panel Surya Bekerja pada Saat Cuaca Berawan atau Mendung?

Jawaban sederhananya adalah panel surya dapat menyerap energi pada cuaca berawan - hanya saja kinerjanya tidak sebaik pada saat cuaca cerah. Perkiraannya, panel surya akan menghasilkan sekitar 10 - 25% output daya normal pada kondisi berawan. Dengan kata lain, panel surya tidak bekerja dengan baik pada cuaca hujan, mendung atau berawan.

Penting untuk disebutkan di sini bahwa, bertentangan dengan apa yang mungkin kita yakini, iklim mendung dan hujan masih sering menjadi tempat populer untuk instalasi solar panel. Faktor yang paling penting untuk popularitas panel surya adalah biaya listrik, bukan jumlah sinar matahari dapat menyinari sebuah kota. Banyak dari kota-kota besar tidak terlalu bersahabat dengan matahari. Sebaliknya, mereka memiliki tarif listrik yang tinggi, dengan hasil bahwa pemilik rumah menuai keuntungan besar dalam hal penghematan tagihan dan balik modal cepat.



Sebagai contoh, ambil kota Bogor, yang terkenal karena sering hujan dan awan mendung melayang-layang di atas kota selama hampir sepanjang tahun. Namun, Bogor adalah kota rekomendasi untuk pemasangan panel surya sebagai akibat iklim yang umumnya hangat dan menghasilkan sinar matahari yang lembut tapi konsisten sepanjang tahun. Contoh ini membantu untuk menggambarkan mengapa sinar matahari saja tidak dapat menentukan seberapa efektif matahari akan menghasilkan penghematan energi.

Dalam beberapa kasus, awan sebenarnya dapat menghasilkan kinerja panel yang lebih baik daripada cuaca cerah. Awan dapat memantulkan atau kadang-kadang bahkan memperbesar sinar matahari, yang menghasilkan output daya tambahan dari panel surya.

 

 



Kategori

Edukasi

Berita Terkini