Teknologi Surya Baru Yang Dapat Menahan Angin BadaiĀ 

Oleh Denie Kristiadi | Published 07-06-2021

DAFTAR ISI ARTIKEL

Fixed Tilt FlexRack Series G3-X dari Solar FlexRack telah beroperasi penuh untuk proyek energi surya 1,1 megawatt Azimuth Energy di tempat wisata Bahama. Sistem  microgrid termasuk array PV terbesar yang beroperasi di Bahama hingga saat ini dan dirancang untuk menahan angin hingga 290 kilometer per jam sambil memberikan daya yang andal dalam menghadapi badai yang semakin parah.

CATATAN PENTING

      • Badai kategori 5 dengan kecepatan lebih dari 290 kpj dapat menahan angin dengan kecepatan 252 kpj atau lebih, menurut Skala Saffir-Simpson.
      • Penggunaan energi surya mampu menghemat 1.800 metrik ton emisi karbon per tahun.

Panel Surya Tahan Badai

Microgrid juga mencakup pembangkit baterai 2 MWh yang memungkinkan semua generator resor dimatikan untuk pertama kalinya dalam 50 tahun. Ini akan menghasilkan udara yang lebih bersih dan penghematan yang besar hingga 100 penghuni dan tamu resor pada waktu tertentu.

Azimuth Energy memilih solusi pemasangan G3-X Solar FlexRack karena kemampuannya menahan angin yang sangat kencang serta kemampuan beradaptasi, ketahanan terhadap korosi, dan waktu pemasangan yang cepat.

Spesifikasi G3-X

G3-X memiliki desain empat tiang per meja, perlindungan dari korosi berat, dan memungkinkan model PV untuk dibaut satu per satu alih-alih dijepit di bagian atas. Hal ini memungkinkan untuk bertahan dari ganasnya badai. Marc Lopata, Presiden dan CEO Azimuth Energy, berbagi beberapa pendapat tentang G3-X.

“Kami telah menggunakan Solar FlexRack untuk lusinan proyek, dan kami dapat menginstal sistem G3-X mereka dengan cepat dan konsisten untuk melindungi modul PV dan investasi klien kami selama peristiwa cuaca yang drastis,” katanya. “Layanan pelanggan dan dukungan proyek yang responsif dari Solar FlexRack adalah kunci dalam proses pemilihan produk kami.”

Energi Terbarukan 100%

Azimuth Energy, yang merupakan rekan penulis RMI Solar Under Storm, sebuah petunjuk manual tentang praktik terbaik tentang ketahanan badai, telah memberikan konsultasi badai untuk Laboratorium Energi Terbarukan Nasional Departemen Energi AS. Perusahaan ini memiliki rekam jejak panjang yang menunjukkan keahliannya dalam membangun ketahanan ke dalam sistem microgrid.

Steve Daniel, EVP Penjualan dan Pemasaran di Solar FlexRack, berbagi pernyataan tentang bekerja dengan Azimuth Energy. “Kami merasa terhormat memiliki kesempatan untuk bekerja bersama Azimuth Energy dalam proyek yang berdampak ini,” katanya. “Azimuth Energy adalah salah satu pemimpin industri dalam merancang dan membangun microgrid penyimpanan plus tenaga surya yang tahan lama dan kuat, terutama di daerah terpencil yang paling rentan terhadap badai yang semakin parah.”

Sebelum pemasangan, resor ini menggunakan generator yang beroperasi siang dan malam tanpa henti. Berkat microgrid, sekitar dua pertiga dari konsumsi bahan bakar diesel pulau itu akan dihilangkan dan menghemat 1.800 metrik ton emisi karbon per tahun. Setelah sistem energi surya bekerja, pemilik pulau akan terus menghemat lebih dari $700.000 per tahun berkat biaya operasi yang lebih rendah.

Chris Wilson, Presiden Bahamas Energy and Solar Supplies mengatakan, Proyek ini telah menunjukkan bahwa itu mungkin untuk memberikan manfaat lingkungan dan penghematan jangka panjang melalui microgrids-plus-penyimpanan surya yang dibangun bahkan di iklim yang paling parah sekalipun.”

 



Kategori

Edukasi

Berita Terkini