Teknologi Film Holografik Lindungi Panel Surya dari Panas Berlebih

Oleh Denie Kristiadi | Published 16-05-2021

DAFTAR ISI ARTIKEL

Ilmuwan dari South Ural State University (SUSU) di Rusia telah mematenkan teknologi baru untuk mencegah modul PV mengalami panas berlebih.

CATATAN PENTING

      • Ilmuwan Rusia telah mengembangkan film holografik berdasarkan konsentrator prismatik yang mengurangi suhu pengoperasian panel surya, termasuk perangkat fotovoltaik termal. 
      • Mereka mengklaim bahwa teknik yang dipatenkan dan berbiaya rendah dapat meningkatkan efisiensi modul PV dalam cuaca mendung.

Material Langka

Teknik khusus mereka terdiri dari film holografik, berdasarkan konsentrator prismatik yang dikenal sebagai "prismakon", yang terbuat dari bahan transparan yang mengandung lensa holografik dengan dimensi yang sangat kecil.

"Struktur internal film holografik dibuat dalam bentuk piramida miniatur - konsentrator prismatik yang mampu menangkap sinar cahaya secara efektif dan, karena beberapa pantulannya di dalam prisma, berkonsentrasi pada permukaan modul surya," kata peneliti Irina Kirpichnikova .

Mencegah Panas Berlebih

Film holografik ditutupi dengan lapisan ultra tipis yang terbuat dari logam tanah jarang yang tidak ditentukan, yang konon memantulkan radiasi infra merah dan memancarkan radiasi tampak.

Prinsip kerja film holografik terletak pada kenyataan bahwa sinar matahari menghantam permukaan modul, sedangkan bagian dari spektrum - sinar inframerah - dipantulkan dari lapisan atas film yang dilapisi metal, mencegah modul dari panas berlebih. Bagian yang terlihat dari spektrum radiasi matahari mengenai struktur piramidal dari konsentrator, dan berulang kali dibiaskan di dalamnya, karena pantulan internal, berkonsentrasi pada sel surya, terlepas dari sudut datangnya sinar pada modul surya. ”

Implementasi Komersial Belum Jelas

Solusi berbiaya rendah konon berlaku untuk semua jenis panel surya, termasuk perangkat fotovoltaik termal. “Solusi ini meningkatkan efisiensi modul surya bahkan dalam cuaca mendung,” kata Kirpichnikova, menambahkan bahwa teknik ini memungkinkan variasi arah sinar cahaya.

Film holografik adalah film plastik yang sangat tipis dan fleksibel yang dapat dilaminasi ke berbagai jenis bahan. Mereka dapat mendifraksi frekuensi sinar matahari yang dapat digunakan dan mengarahkan energi yang dihasilkan ke sel surya. Penerapannya dalam penelitian PV bukanlah hal baru, karena beberapa jenis foil dan pola holografik telah diuji di perangkat PV dan CPV. Namun, sejauh ini teknologi tersebut belum dikembangkan untuk produksi komersial.



Kategori

Edukasi

Berita Terkini