Apa yang Harus Dilakukan Jika Inverter Surya Rusak?

Oleh Denie Kristiadi | Published 20-09-2021

DAFTAR ISI ARTIKEL

Sistem energi surya dibangun untuk bertahan dan dirancang agar dapat menghasilkan listrik tenaga surya dengan andal selama 25 tahun atau lebih. Namun, terkadang komponen individual dari sistem energi surya mungkin tidak berfungsi atau rusak sama sekali. Jika Anda telah memasang energi surya, ada beberapa hal yang harus dilakukan jika inverter surya tidak berfungsi.

CATATAN PENTING

      • Inverter yang rusak dapat menyebabkan produksi energi matahari tidak dapat dilakukan. 
      • Inverter terdiri dari komponen elektronik, dan karenanya sensitif terhadap suhu.

Apa yang harus dilakukan jika inverter rusak?

Tidak jarang perangkat surya gagal berkerja dengan baik, dan jika itu terjadi, penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan. Jika inverter surya Anda gagal, pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi perusahaan instalasi surya Anda. (Jika tidak ingat siapa yang memasang sistem energi surya Anda, periksa kotak sambungan atau inverter itu sendiri untuk melihat apakah perusahaan surya meninggalkan stiker dengan informasi kontak mereka.)

Perusahaan yang memasang sistem energi surya Anda mungkin sudah paham dengan sifat unik perangkat sistem energi surya serta spesifikasi peralatan yang dipasang. Perusahaan dapat membantu mendiagnosis apa masalahnya, menentukan tindakan, dan mengganti peralatan pengganti jika diperlukan.

Jika tidak dapat menemukan informasi tentang siapa yang memasang sistem energi surya Anda, atau jika perusahaan tersebut telah gulung tikar, ada beberapa opsi dan sumber daya alternatif. 

Pertama, satu opsi adalah memeriksa daftar perusahaan surya yang masih aktif di wilayah Anda. Salah satu perusahaan surya ini mungkin bersedia membantu dalam hal ini. Kedua, salah satu opsi adalah menghubungi perusahaan yang memproduksi inverter surya Anda. Perusahaan itu dapat mengarahkan ke pemasang yang mereka kerjakan secara dekat di wilayah Anda. Dan, terakhir, sejumlah perusahaan layanan perbaikan surya dan penyedia operasi dan pemeliharaan bermunculan di seluruh negeri, yang dapat mengambil alih pemeliharaan berkelanjutan sistem energi surya Anda.

Yang perlu diingat, pastikan semua potensi kerusakan dengan perangkat surya sudah tercakup dalam garansi. Pastikan untuk memeriksa saat memasang peralatan surya berapa lama garansi untuk berbagai perangkat yang dipasang di sistem Anda.

Cara mendiagnosis berbagai masalah inverter

Sebagian besar masalah dengan peralatan surya dapat ditemukan segera setelah sistem energi surya dipasang dan jenis kerusakan itu dapat diantisipasi dengan sangat cepat. Dalam hal ini, Anda mungkin masih memiliki informasi kontak perusahaan instalasi surya, dan mereka dapat segera menjadwalkan waktu untuk mengganti peralatan apa pun yang tidak berfungsi dengan benar.

Di luar malfungsi yang ditemukan dengan cepat, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu perusahaan surya Anda mendiagnosis masalah yang terjadi. Hal pertama yang harus dilihat adalah perkiraan produksi sistem energi surya Anda. 

Apakah output sistem secara keseluruhan turun dari yang Anda harapkan atau apakah Anda tidak melihat produksi sama sekali dari sistem energi surya Anda? Jika jawabannya adalah tidak ada produksi yang dihasilkan sama sekali, masalahnya mungkin seperti inverter Anda kehilangan konektivitas dengan internet. Ini mungkin cara paling umum yang membuat inverter "gagal bekerja", dan merupakan perbaikan yang sangat sederhana yang mungkin dapat dilakukan oleh perusahaan surya Anda melalui telepon.

Jika keluaran sistem energi surya Anda lebih rendah dari yang diharapkan atau lebih rendah dari sebelumnya dalam kondisi cuaca yang serupa, periksa apakah aplikasi pemantauan produksi memberikan pandangan tentang produksi masing-masing panel surya. Mengingat bahwa sebagian besar instalasi tenaga surya mencakup elektronika daya tingkat modul, aplikasi konsumsi surya Anda dapat memberikan informasi tentang kinerja masing-masing panel dan inverter atau pengoptimal tertentu, memungkinkan untuk menunjukkan dengan tepat masalah yang dihadapi.

Jika tidak satu pun dari diagnosa cepat ini mengungkap masalah, kegagalan dapat terjadi di lokasi pusat, seperti pada inverter sentral besar yang disertakan dengan rangkaian inverter string atau string plus pengoptimal daya, atau pada kotak sambungan yang disertakan dalam mikroinverter. 

Dalam salah satu dari tiga hal yang telah dijelaskan diatas, perusahaan tenaga surya Anda dapat dengan cepat memperbaiki masalah dengan, misalnya, menghubungkan kembali inverter Anda ke internet, atau bekerja secara proaktif dengan produsen peralatan untuk mengganti perangkat yang rusak.

Gunakan vendor tenaga surya yang memenuhi syarat

Saat proses instalasi surya, ada beberapa pertanyaan kunci yang dapat ditanyakan kepada perusahaan surya untuk memastikan Anda siap jika perangkat gagal bekerja. Pertanyaan terbesar adalah masalah garansi. Anda harus mengetahui garansi pengerjaan perusahaan surya, serta garansi untuk setiap bagian dari perangkat surya. Yang perlu diingat dalam beberapa kasus, mungkin ada ketidakcocokan antara garansi berbagai komponen yang disertakan dalam pemasangan. Misalnya, panel surya mungkin memiliki garansi lebih lama daripada inverter atau, jika Anda memasang inverter string plus sistem pengoptimal daya, inverter pusat dan pengoptimal mungkin memiliki masa garansi yang berbeda.

Hak Anda untuk menanyakan siapa yang bertanggung jawab atas jenis pemeliharaan, serta apa yang harus dihubungi jika terjadi kerusakan. Mengetahui sebelumnya bagaimana bertindak atau merespons berbagai kemungkinan dapat membantu Anda merasa percaya diri dan siap di masa depan.

 

 



Kategori

Edukasi

Berita Terkini