Menutupi Kanal Dengan Panel Surya 

Oleh Denie Kristiadi | Published 14-06-2021

DAFTAR ISI ARTIKEL

Sekarang ada duo yang secara harfiah dan kiasan tidak terpisahkan: panel surya dan kanal. Bagaimana jika alih-alih membiarkan kanal terbuka, membiarkan matahari menguapkan air, kita menutupinya dengan panel dan menyerap energi matahari? 

CATATAN PENTING

      • Menempatkan panel surya di atas kanal akan mencegah kehilangan air dan meningkatkan penyerapan energi.
      • Memasang panel di kanal bertujuan untuk mengurangi kehilangan air.

Kolab Kanal dengan Panel Surya

Para ilmuwan di California baru saja menghitung angka tentang apa yang akan terjadi jika negara bagian mereka memasang panel surya di 4.000 mil kanalnya, termasuk Saluran Air California utama, dan hasilnya menunjukkan potensi kemitraan yang indah. 

Studi kelayakan mereka, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Sustainability, menemukan bahwa jika diterapkan di seluruh negara bagian, panel akan menghemat 63 miliar galon air dari penguapan setiap tahun. Pada saat yang sama, panel surya di seluruh kanal California yang terbuka akan menyediakan 13 gigawatt daya terbarukan setiap tahun, sekitar setengah dari kapasitas baru yang dibutuhkan negara bagian untuk memenuhi tujuan dekarbonisasi pada tahun 2030.

Keuntungan Melimpah

Kanal panel surya tidak hanya akan menghasilkan energi terbarukan untuk digunakan di seluruh negara bagian, itu akan menjalankan sistem air itu sendiri. “Dengan menutupi kanal dengan panel surya, kita dapat mengurangi penguapan dan menghindari gangguan alam dan lahan kerja, sekaligus menyediakan energi terbarukan dan manfaat tambahan lainnya,” kata insinyur lingkungan Brandi McKuin dari University of California, Merced, dan University of California, Santa Cruz, penulis utama makalah tersebut.

Ironisnya, kinerja panel surya turun saat suhu naik. Dalam sel surya, foton dari matahari menjatuhkan elektron dari atom, menghasilkan arus listrik. Ketika sebuah panel menjadi terlalu panas, itu menempatkan elektron ke dalam keadaan yang sudah tereksitasi, sehingga mereka tidak menciptakan banyak energi ketika dikeluarkan oleh foton. 

Membentangkan panel di atas kanal akan, dalam arti tertentu, membuatnya menjadi pendingin air, meningkatkan efisiensinya. “Dan selain itu,” McKuin menambahkan, “teduh dari panel mengurangi pertumbuhan gulma air, yang merupakan masalah pemeliharaan saluran utama.”

Tantangan Kedepan

Tekniknya juga tidak akan terlalu rumit. Anda bisa melempar rangka baja di atas kanal dan menutupinya dengan panel. India sebenarnya telah bereksperimen dengan kanal surya seperti ini, dan telah menugaskan satu bentangan sepanjang 25 mil dengan perkiraan biaya $14 juta.

Tentu saja ada beberapa tantangan ketika mempertimbangkan proyek infrastruktur sebesar itu. Misalnya, para peneliti ini tidak memperhitungkan efek potensial pada satwa liar—menutupi kanal dapat memutus akses burung air yang bergantung padanya untuk habitat, terutama mengingat California telah kehilangan lebih dari 90 persen lahan basahnya. Selain itu, menempatkan panel surya dan rangkanya di atas air dapat menyebabkan peralatan berkarat, sehingga meningkatkan biaya perawatan. Dan kemudian ada biaya kanal panel surya dalam skala luas.

 



Kategori

Edukasi

Berita Terkini