Panel Surya Transparan yang Dapat Bertahan Hingga Tiga Dekade

Oleh Denie Kristiadi | Published 20-09-2021

DAFTAR ISI ARTIKEL

Para peneliti di University of Michigan telah menciptakan panel surya baru transparan yang dapat digunakan di jendela rumah dan bisnis. Selain transparan, panel surya baru ini juga sangat efisien dan memiliki perkiraan kinerja hingga 30 tahun. Tim percaya panel surya baru mereka dapat digunakan untuk membuat bangunan komersial dengan permukaan yang seluruhnya terbuat dari panel surya.

CATATAN PENTING

      • Panel surya baru yang cukup transparan untuk digunakan untuk jendela di rumah dan bisnis.
      • Selain transparan, panel surya baru juga sangat efisien dan dapat bekerja hingga 30 tahun.

 

Panel Surya Masa Depan

Jika bangunan fasad kaca bertingkat dibuat menggunakan panel surya transparan, seluruh bangunan akan menjadi pembangkit listrik. Umur yang diperkirakan tiga dekade adalah waktu yang lama, tetapi bangunan komersial akan ada lebih lama bertahan dari panel surya yang menjadikan  pertanyaan tentang apa yang nantinya terjadi pada bangunan ketika akhir masa pakai panel surya tercapai. 

Penelitian menciptakan panel transparan setelah menjelajahi bahan berbasis karbon bukan silikon. Saat ini, panel surya paling efisien terbuat dari silikon, tetapi bahannya tidak transparan. Dua jenis bahan yang digunakan dalam sel surya dikenal sebagai "akseptor non-fullerene" dan "akseptor fullerene." Yang pertama lebih kuat tetapi kurang efisien daripada yang terakhir.

Sel surya tipikal yang dibuat menggunakan akseptor non-fullerene dapat mencapai efisiensi 18 persen, mendekati efisiensi sel silikon. Namun, mereka tidak bertahan lama. Dalam percobaan, para peneliti di proyek tersebut menunjukkan bahwa tanpa menggunakan metode untuk melindungi bahan di panel yang mengubah sinar matahari menjadi listrik, efisiensi menurun hingga kurang dari 40 persen dari nilai awal dalam waktu 12 minggu saat terkena sinar matahari.

Teknologi Baru untuk Panel Transparan

Insinyur mempelajari degradasi di sel surya yang tidak terlindungi dan menemukan di mana mereka dapat meningkatkan desain. Perbaikan termasuk memblokir sinar UV dengan menambahkan lapisan seng oksida ke sisi kaca yang menghadap matahari. Mereka juga mengintegrasikan lapisan seng oksida yang lebih tipis yang berdekatan dengan wilayah sel yang menyerap cahaya tetapi juga harus menambahkan lapisan bahan yang disebut IC-SAM yang terbuat dari karbon untuk mencegah seng oksida memecah penyerap cahaya. Terakhir, ditambahkan lapisan lain yang terdiri dari fullerene berbentuk seperti bola sepak untuk melindungi penyerap cahaya.

Saat ini, transparansi modul adalah 40 persen, tetapi tim percaya mereka dapat meningkatkan transparansi menjadi 60 persen di masa depan dan biaya produksi rendah. Penelitian lanjutan menentukan panel surya transparan dapat mempertahankan efisiensi 80% setelah 30 tahun.



Kategori

Edukasi

Berita Terkini