AC Coupling

Oleh Denie Kristiadi | Published 02-04-2021

Apa Itu AC Coupling

Sistem AC coupling sering digunakan untuk sistem off-grid skala besar dan menggunakan string inverter surya yang digabungkan dengan inverter atau pengisi daya untuk mengelola baterai dan jaringan/generator. Meskipun relatif sederhana tapi AC coupling sangat bermanfaat, walaupun sedikit kurang efisien (90-94%) saat mengisi baterai dibandingkan dengan sistem DC coupling (98%). Namun, sistem ini lebih efisien dalam memberi daya pada beban AC yang tinggi pada siang hari dan dapat ditambah dengan beberapa inverter surya untuk membentuk jaringan mikro.

Banyak rumah yang menggunakan sistem off-grid modern mengaplikasikan sistem AC coupling karena keuntungan menggunakan inverter surya string yang dapat beroperasi dengan tegangan DC lebih tinggi (hingga 600V atau lebih tinggi). Hal ini memungkinkan susunan surya yang jauh lebih besar yang dengan mudah dipasang dengan biaya dan kompleksitas yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem DC coupling yang membutuhkan beberapa pengontrol muatan MPPT. Sistem komersial 3 fase yang lebih besar yang membutuhkan susunan surya yang juga jauh lebih besar dapat menggunakan AC coupling dengan inverter surya 10 hingga 20kW+.

 

CATATAN PENTING

      • Sistem AC coupling dapat menggunakan banyak inverter surya string di beberapa lokasi (jaringan mikro berpasangan AC)
      • Sistem sambungan AC tingkat lanjut dapat menggunakan kombinasi sambungan AC dan DC (Catatan: ini tidak dapat dilakukan dengan baterai litium tertentu)

Keuntungan AC Coupling

AC coupling membantu menghindari risiko menempatkan semua perangkat dalam satu tempat. Dalam sistem DC coupling, jika inverter mengalami kegagalan, Anda tidak hanya kehilangan penyimpanan energi, tetapi Anda juga kehilangan energi dari panel PV.

Kekurangan AC Coupling

Dibandingkan dengan DC coupling, efisiensi AC coupling lebih rendah saat mengisi daya baterai - sekitar 92%. Harga inverter surya AC coupling bisa lebih mahal untuk sistem kecil. Efisiensi lebih rendah saat memberi daya pada beban DC langsung di siang hari merupakan salah satu kekurangan AC coupling.