Joule

Oleh Denie Kristiadi | Published 16-06-2021

Joule (/dʒaʊl, dʒuːl/ jowl, jool; simbol: J) adalah satuan turunan energi dalam Sistem Satuan Internasional. Ini sama dengan energi yang ditransfer ke (atau kerja yang dilakukan pada) suatu benda ketika gaya satu newton bekerja pada benda itu dalam arah gerakan gaya melalui jarak satu meter (1 newton meter atau N⋅m). Ini juga merupakan energi yang hilang sebagai panas ketika arus listrik satu ampere melewati hambatan satu ohm selama satu detik. Nama Joule dinamai dari fisikawan Inggris James Prescott Joule (1818-1889).

CATATAN PENTING

      • Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Satuan standar Energi adalah Joule (J).
      • Joule adalah 'kerja yang diperlukan untuk menghasilkan satu watt daya selama satu detik. Namun saat ini listrik dihitung bersamaan dengan biaya, fokus pada tingkat konsumsi energi dari waktu ke waktu dihitung dalam watt.

Sistem fotovoltaik surya bekerja dengan listrik. Mereka menghasilkan elektron, arus DC, yang dapat diubah menjadi bentuk energi lain termasuk daya AC yang dapat dihubungkan ke jaringan listrik yang ada. (Untuk mengutip contoh yang berbeda tetapi terkait, sistem angin mengubah energi mekanik menjadi energi listrik dengan menggerakkan generator ketika angin memutar bilah turbin.) Daya adalah ukuran aliran energi, energi per satuan waktu, atau laju di mana energi disediakan atau dikonsumsi. Satuan metrik dasar untuk daya adalah Watt. Energi = daya × waktu. Satuan metrik dasar untuk energi adalah Joule. 1 Joule = 1 Watt-detik.

Dasar-dasar Daya dan Energi Listrik

Energi listrik didefinisikan sebagai energi potensial yang dibawa oleh elektron yang bergerak cepat di dalam konduktor listrik. Diukur dalam Joule (J). Laju aliran energi listrik ini disebut daya. Daya diukur dalam Watt (W). Ketika satu joule energi listrik dihasilkan dalam satu detik, dayanya dikatakan satu watt. Satuan yang lebih tinggi untuk mengukur daya adalah kilowatt (1 kW = 1000 W), megawatt (1 MW = 1000 kW) dan gigawatt (1 GW = 1000 MW). Utilitas listrik menggunakan unit lain untuk tujuan penagihan yang disebut kilowatt hour (kWh). Ini setara dengan jumlah daya yang dikonsumsi oleh beban 1000 W dalam satu jam.

Utilitas daya sering kali menyatakan energi yang digunakan dalam satuan Watt-jam, atau kilowatt-jam (kWh). Satu Watt-jam mewakili 1 Watt daya yang disuplai terus menerus selama 3600 detik, atau satu jam. 1 kWh sama dengan 3.600.000 Joule, atau 3,6 megajoule. (Joule mewakili sejumlah kecil energi, sehingga energi sering dinyatakan sebagai kilojoule atau megajoule.)