MC4 Connector

Oleh Denie Kristiadi | Published 07-06-2021

Konektor MC4 atau MC4 Connector adalah konektor listrik kontak tunggal yang biasa digunakan untuk menghubungkan panel surya. MC di MC4 adalah singkatan dari Multi-Contact dan 4 artinya pin kontak berdiameter 4 mm.

CATATAN PENTING

      • Konektor MC4 memiliki interlock berlekuk, dapat saling terhubung dan untuk menghindari konektor lepas secara tidak sengaja.
      • Konektor MC4 dibalut rumah bundar berbasis plastik dengan konduktor tunggal dalam konfigurasi pasangan pria/wanita (male/female).

MC4 memungkinkan rangkaian panel mudah dipasang dengan mendorong konektor dari panel yang berdekatan secara bersamaan dengan tangan, tetapi memerlukan alat untuk memutuskan sambungan untuk memastikan sambungan tidak terputus secara tidak sengaja saat kabel ditarik.

Konektor MC4 dan produk yang kompatibel bersifat universal, melengkapi hampir semua produk panel surya yang diproduksi sejak sekitar tahun 2011. Awalnya konektor MC4 memiliki tegangan 600 V, versi yang lebih baru mampu menahan tegangan hingga 1500 V, memungkinkan string yang lebih panjang dibuat.

Berapa Banyak Bagian yang Dimiliki Konektor MC4?

Setiap konektor MC4 memiliki lima bagian. Mereka adalah rumah utama, kontak crimp logam, segel air karet, penahan segel dan sekrup pada tutup ujung. Versi laki-laki dari konektor MC4 menggunakan rumahan dan kontak logam yang berbeda. Sisa bagiannya dapat dipertukarkan.

Beberapa konektor MC4 memiliki klip kunci pengaman yang dapat dilepas. Mereka menutupi tab interlock dan memberikan perlindungan pemutusan sambungan yang tidak disengaja.