MCB

Apa itu AC MCB?

MCB adalah singkatan dari Miniature Circuit Breaker, dan sebagian orang menyebutnya Micro Circuit Breaker atau pemutus arus kecil. MCB merupakan alat perlindungan terminal listrik yang paling banyak digunakan dalam perangkat distribusi daya terminal listrik bangunan. MCB digunakan untuk hubung singkat satu fase dan tiga fase, kelebihan beban, perlindungan tegangan lebih di bawah 125A, termasuk 1P kutub tunggal, 2P dua kutub, 3P tiga kutub, dan 4P empat kutub.

CATATAN PENTING

      • Fungsi breaker atau pemutus arus pada prinsipnya untuk memutus sirkuit dari/ke sumber daya, dalam hal ini rangkaian modul fotovoltaik dan beban.
      • Ada banyak jenis AC MCB di pasaran. Namun, MCB yang benar harus dipilih sesuai dengan fungsi yang digunakan.

Korsleting atau kelebihan beban dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti koneksi yang salah atau kondisi arus berlebih. MCB mirip dengan sekering. Satu-satunya perbedaan adalah sekring perlu diganti setelah putus, sedangkan MCB dapat dengan mudah diatur ulang dengan mengklik atau menekan tombol saat kelebihan beban.

Sakelar AC, Di dalam rangkaian bertegangan AC, tegangan akan muncul 50 kali per detiknya secara bergantian antara tegangan +V dan -V dalam bentuk sinusoidal (dengan frekuensi 50 Hz). Karena ada titik di mana tegangan berada pada nilai 0 V, sekering akan memutus sambungan dan juga memadamkan busur listrik pada 0 V.

Apakah AC MCB bisa digunakan untuk DC?

Hanya pemutus arus yang diberi label sebagai DC yang boleh digunakan untuk aplikasi DC. JANGAN PERNAH mencoba menggunakan pemutus arus AC di sirkuit DC! Mengapa? Arus AC di sirkuit DC akan gagal memadamkan busur, kabel akan terlalu panas dan menyebabkan kebakaran. JANGAN PERNAH menganggap pemutus AC diberi nilai DC hanya karena ampli dan volt sesuai dengan yang Anda butuhkan. 

Sebaliknya, jangan gunakan pemutus arus DC di sirkuit AC. Sebagai catatan, boleh saja menggunakan pemutus yang memiliki peringkat AC dan DC ganda (dinyatakan pada label pabrikan). Label ini akan menyatakan dengan jelas pada pemutus arus jika diberi peringkat untuk AC dan DC. Sebagian besar pemutus arus ganda memiliki peringkat tegangan DC yang berbeda dari peringkat tegangan AC, untuk amp yang sama (seperti 60A 150VDC, 120VAC). Pastikan untuk memeriksa ulang peringkat tegangan tersebut.