Off-Grid

Apa Itu Sistem Energi Surya Off-Grid?

Oleh Denie Kristiadi | Published 01-08-2021

Off Grid atau disebut juga stand alone PV (photovoltaic) system atau sistem pembangkit listrik yang hanya mengandalkan energi matahari sebagai satu-satunya sumber energi utama dengan menggunakan rangkaian panel surya untuk menghasilkan energi listrik sesuai kebutuhan. Energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat digunakan langsung ke beban untuk kebutuhan listrik yang ada dan selebihnya akan disimpan ke dalam baterai untuk dijadikan cadangan energi. 

CATATAN PENTING

      • Komponen utama dari sistem off-grid adalah panel surya, charge controller, inverter, serta baterai.
      • PLTS off-grid tidak disarankan untuk rumah tangga di daerah perkotaan karena biaya pemasangan tinggi serta terbilang kompleks untuk instalasinya.

Dengan menginstalasi sistem ini Anda tidak perlu lagi menggunakan listrik dari PLN ataupun backup lainnya seperti genset. Off Grid bersifat mandiri, adapun tipe solar sistem untuk hunian yang menggunakan baterai hanyalah sebagai media penyimpanan atau bank energi.

OFF Grid merupakan sistem PLTS yang umum digunakan untuk daerah-daerah terpencil atau pedesaan dan biasanya tidak terjangkau oleh jaringan PLN. Sistem ini sangat cocok untuk daerah yang sulit mendapatkan suplai bahan bakar minyak (BBM) ataupun ketiadaan jaringan listrik PLN.

Cara Kerja Sistem Off-Grid

Sistem off-grid tidak terhubung ke jaringan listrik PLN, oleh karena itu membutuhkan baterai untuk menyimpan daya. Sistem panel surya off-grid dirancang dapat menghasilkan daya yang cukup sepanjang tahun dan harus menggunakan kapasitas baterai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik bahkan ketika musim hujan atau pada saat ada sedikit sinar matahari.

Dalam sistem off-grid kelebihan listrik yang dihasilkan panel surya kemudian disimpan di baterai. Setelah baterai penuh, pasokan listrik akan berhenti menerima daya dari sistem tenaga surya. Saat malam hari atau cuaca hujan, listrik dirumah akan mengambil daya dari baterai. Manfaat utama dari sistem off-grid adalah tidak bergantung pada jaringan PLN dan kemampuan menyimpan daya untuk digunakan jika terjadi pemadaman listrik atau kegagalan jaringan.