Seri

Apa Itu Rangkaian Seri dalam Susunan Panel Surya?

Oleh Denie Kristiadi | Published 19-06-2021

Rangkaian seri dalan susunan panel surya adalah menghubungkan setiap panel satu dengan yang lain membentuk rangkaian string. Kabel yang terhubung dari terminal negatif panel dihubungkan ke terminal positif panel berikutnya dan seterusnya. 

CATATAN PENTING

      • Dalam rangkaian seri, tegangan masing-masing komponen ditambahkan bersama-sama sementara ampere tetap sama.
      • Ketika jarak antara inverter atau charge controller dan panel surya jauh, disarankan untuk menggunakan sambungan seri karena jenis sambungan ini memungkinkan meningkatkan tegangan sistem untuk memenuhi tegangan input dari inverter.

Komponen yang dihubungkan secara seri setiap bagian ditempatkan dalam satu garis. Karena semua komponen terhubung dalam satu jalur, arus listrik hanya dapat mengalir dalam satu arah. Jika rangkaian terputus pada titik mana pun, arus tidak akan dapat mengalir melaluinya. Ini akan menghentikan aktivitas listrik di seluruh rangkaian.

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri

Sambungan seri yang ketat sebagian besar digunakan dalam sistem yang lebih kecil dengan MPPT Controller. Menghubungkan panel surya secara seri akan meningkatkan level tegangan dan menjaga ampere tetap sama. Alasan mengapa koneksi seri digunakan dengan pengontrol MPPT adalah karena MPPT Controller sebenarnya dapat menerima input tegangan yang lebih tinggi, dan masih dapat mengisi baterai 12V atau lebih. 

Ada beberapa keuntungan menghubungkan panel surya secara seri. Pertama, memungkinkan penggunaan kabel lebih kecil (karena arus tetap sama), yang menghemat sedikit biaya dan tenaga selama instalasi.

Dan kedua, Anda dapat memiliki kabel yang sangat panjang (dari panel surya di atap ke inverter di samping rumah) tanpa kehilangan terlalu banyak listrik. Untuk alasan ini, sebagian besar panel surya di rumah, terhubung secara seri.

Kelemahan dari sistem seri adalah masalah bayangan. Ketika panel disambungkan secara seri, semuanya dalam arti tertentu bergantung satu sama lain. Jika satu panel tertutup bayangan, itu akan mempengaruhi seluruh string.