Zero Export

Apa Itu Zero Export?

Penggunaan energi surya untuk konsumsi sendiri memiliki banyak keuntungan: mengurangi jejak karbon suatu lokasi, penurunan biaya energi, atau kemungkinan menjual kembali energi ini ke jaringan nasional jika peraturan setempat mengizinkannya. 

CATATAN PENTING

      • Zero exsport menunjukkan ketidakmungkinan mengekspor sejumlah daya listrik ke jaringan.
      • Sebelum memasang PV, pastikan bahwa ukuran instalasi sesuai dengan konsumsi bangunan, tujuannya bukan untuk menjual kembali energi ke jaringan tetapi untuk mengoptimalkan tingkat konsumsi sendiri.

Panel surya terhubung langsung ke jaringan melalui inverter; energi yang dihasilkan ditransmisikan ke lokasi untuk konsumsi sendiri atau dikembalikan ke jaringan. Namun, di beberapa negara, operator jaringan lokal tidak mengizinkan injeksi energi ke dalam jaringan. Ini disebut pembatasan ekspor atau injeksi nol atau zero exsport.

Batasan injeksi terdiri dari pengendalian jumlah listrik yang dihasilkan oleh instalasi fotovoltaik yang disuntikkan ke jaringan. Membatasi injeksi daya aktif mungkin diperlukan untuk membebaskan jaringan dan mengurangi biaya penguatan yang akan diimplikasikan.

Perangkat Zero Export

Perangkat Zero Export memungkinkan pemilik & operator tenaga surya untuk membatasi jumlah tenaga surya yang diekspor sistem mereka ke jaringan listrik.

Pembatasan ekspor berarti jumlah energi matahari dalam sistem dikendalikan dengan mengatur titik setel inverter dalam sistem. Penganalisis daya terintegrasi mengukur daya total pada titik kopling dan membandingkannya dengan titik setel pengontrol yang dapat disesuaikan. Ketika konsumsi dari jaringan di atas set point, energi matahari akan meningkat, ketika konsumsi di bawah set point, energi matahari akan berkurang.