Baterai

Apa itu Penyimpanan Baterai Panel Surya?

Oleh Denie Kristiadi | Published 19-10-2021

Sistem penyimpanan energi surya, juga disebut baterai rumah atau baterai surya, memungkinkan Anda menyimpan listrik sehingga dapat menggunakannya di lain waktu. Misalnya, Anda dapat menyimpan listrik yang dihasilkan panel surya di siang hari dan menggunakannya di malam hari.

CATATAN PENTING

      • Terdapat empat jenis utama baterai surya; lead acid, ion lithium, nikel kadmium, dan baterai sodium nickel chloride.
      • Baterai surya memungkinkan Anda menyimpan energi yang dihasilkan panel surya untuk digunakan nanti.

Jika Anda memiliki panel surya, atau berencana memasangnya, maka menggunakan baterai rumah untuk menyimpan listrik yang Anda hasilkan akan membantu memaksimalkan jumlah energi terbarukan yang Anda gunakan. Penyimpanan energi rumah juga akan mengurangi listrik yang Anda gunakan dari jaringan, dan menghemat tagihan. Jika rumah Anda tidak terhubung ke jaringan listrik, baterai dapat membantu mengurangi penggunaan generator cadangan yang menggunakan bahan bakar fosil.

Bagaimana Baterai Bekerja dengan Panel Surya?

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat membeli baterai untuk sistem tenaga surya rumah. Terdapat empat jenis utama baterai surya; lead acid, ion lithium, nikel kadmium, dan baterai sodium nickel chloride. Masing-masing teknologi daya cadangan baterai ini memiliki serangkaian karakteristik uniknya sendiri.

Biasanya, saat memasang panel surya, Anda akan memasang sistem panel surya 'on-grid'. Ini berarti ketika panel surya menghasilkan lebih banyak listrik daripada yang dibutuhkan, Anda dapat mengekspor kelebihan listrik itu kembali ke jaringan dan, sebaliknya, Anda dapat menarik listrik langsung dari jaringan saat menggunakan lebih banyak listrik daripada yang dihasilkan panel surya. 

Dengan sistem penyimpanan tenaga surya dengan baterai, alih-alih mengekspor kelebihan produksi surya ke jaringan, Anda dapat menggunakan listrik itu untuk mengisi daya sistem penyimpanan energi Anda terlebih dahulu. Kemudian, ketika malam hari tiba, Anda dapat memanfaatkan energi surya yang disimpan di baterai, bukan dari jaringan listrik.