Grid-tied

Oleh Denie Kristiadi | Published 16-05-2021

Grid-terikat atau grid-tied atau on-grid adalah sistem tenaga surya yang terhubung ke jaringan listrik dan bekerja tanpa cadangan baterai. Sistem energi surya ini dikenal dengan banyak nama, seperti on-grid, grid-connected, grid-intertied dan grid-direct. Semuanya mengacu pada hal yang sama.

CATATAN PENTING

      • Grid-tied adalah solusi yang tepat bagi para pemilik bisnis dan penghuni rumah yang ingin melakukan penghematan listrik, terutama yang pemakaian listriknya besar di siang hari.
      • Grid-tied saat ini adalah sistem panel surya yang paling umum di gunakan. Meskipun minat pada teknologi baterai semakin meningkat, sebagian besar pemilik rumah yang menggunakan tenaga surya saat ini masih memilih untuk sistem grid-tie di atap mereka.

Cara Kerja Sistem Grid-tied

Sistem terikat jaringan menggunakan panel surya untuk menghasilkan listrik dari sinar matahari. Ketika energi yang dihasilkan oleh matahari berlebihan dari pemakaian, maka bisa langsung diekspor/dialirkan ke PLN melalui meteran Exim.

Catatan singkat: jenis sistem panel surya ini dikenal dengan banyak nama, seperti 'on-grid', 'grid-connect (ed),' 'grid-intertied' dan 'grid-direct.' Semuanya mengacu pada hal yang sama.