Inverter

Apa Itu Inverter?

Oleh Denie Kristiadi | Published 09-06-2021

Inverter atau bisa disebut inverter surya adalah salah satu elemen terpenting dari sistem tenaga surya. Ini mengubah output arus searah (DC) variabel dari panel surya fotovoltaik (PV) menjadi arus bolak-balik (AC). Listrik AC ini kemudian dapat disalurkan ke rumah Anda untuk mengoperasikan berbagai peralatan elektronik.

CATATAN PENTING

      • Inverter sangat penting untuk konversi energi yang dikumpulkan dari panel ke sumber listrik yang dapat digunakan terus menerus di rumah Anda.
      • Inverter surya bekerja sebagai perantara, dan tanpanya, daya yang dikumpulkan oleh panel tidak akan berguna.

Inverter surya mengubah listrik arus searah (DC) menjadi listrik arus bolak-balik (AC). Ini penting karena panel surya menghasilkan listrik DC, tetapi rumah tangga biasa, bisnis, dan peralatan memerlukan listrik AC untuk menjalankannya. Jadi tanpa inverter, pada dasarnya Anda menciptakan banyak energi matahari yang dapat Anda simpan (jika Anda memiliki baterai surya), tetapi sebenarnya tidak dapat digunakan. Oleh karena itu inverter surya sering dianggap sebagai 'gerbang' sistem tenaga surya.

Bagaimana Cara Kerja Inverter Surya?

Ketika matahari menyinari sistem fotovoltaik (PV) surya Anda, elektron di dalam sel surya mulai bergerak, yang menghasilkan energi arus searah (DC). Sirkuit di dalam sel mengumpulkan energi itu untuk Anda gunakan di rumah Anda.

Di sinilah inverter surya Anda berperan. Sebagian besar rumah menggunakan energi arus bolak-balik (AC), bukan DC, sehingga energi yang dihasilkan oleh panel surya Anda tidak berguna dengan sendirinya. Ketika panel surya Anda mengumpulkan sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi, energi tersebut akan dikirim ke inverter, yang mengambil energi DC dan mengubahnya menjadi energi AC. Pada saat itu, listrik tenaga surya Anda dapat memberi daya pada peralatan dan elektronik atau, jika Anda menghasilkan lebih banyak listrik daripada yang Anda butuhkan, kelebihan listrik tersebut dapat dialirkan kembali ke jaringan.