Cara Mengangkat & Membawa Panel Surya 

Oleh Denie Kristiadi | Published 22-06-2021

DAFTAR ISI ARTIKEL

Sebagian besar panel surya yang dipasang di telah menempuh perjalanan ratusan atau mungkin kilometer dari pabrik ke atap. Beberapa puluh meter terakhir dari perjalanan itu dapat membuat perbedaan pada kinerja panel.

CATATAN PENTING

      • Memilih tangga yang tepat dan menggunakannya dengan benar sangat penting.
      • Gunakan tangga fiberglass dengan rel samping non-konduktif di dekat sumber listrik.

Panel surya bukanlah hal yang paling mudah untuk ditangani. Berat dan masing-masing sekitar 18-20 kilogram, ini adalah berat yang signifikan. Selain itu, tantangan untuk memasang modul ke atap tidak hanya pekerjaan yang sulit tetapi juga berbahaya.

Setelah panel berkualitas baik dipasang dengan benar, panel ini dapat menangani sebagian besar apa yang dapat diberikan oleh alam selama beberapa dekade, tetapi penanganan panel surya yang tidak tepat sesaat sebelum pemasangan dan bagaimana perawatannya setelah itu dapat memengaruhi outputnya secara permanen – dan dalam beberapa kasus mempersingkat masa pakainya secara signifikan.

Banyak konsumen sering bertanya-tanya seberapa besar dampak penanganan yang tidak tepat terhadap kinerja panel. Oleh karena itu produsen panel surya menjalankan beberapa tes dan mengembangkan panduan yang merinci bagaimana panel surya ditangani dapat memengaruhi output daya.

Mengangkat dan Menangani Panel Surya

Panel surya berat untuk diangkat dan dibawa. Bongkar muat panel dari truk dan ke atap dapat menyebabkan ketegangan, keseleo, otot tertarik dan cedera punggung serta trauma kumulatif yang menekan tulang belakang. Panel juga dapat memanas dengan cepat saat terkena sinar matahari, menyebabkan luka bakar jika tidak ditangani dengan aman.

Langkah-langkah keamanan:

  1. Angkat setiap panel surya dengan setidaknya dua orang sambil menerapkan teknik pengangkatan yang aman.
  2. Transportasi panel surya ke dan di sekitar lokasi kerja menggunakan gerobak atau forklift.
  3. Jangan pernah menaiki tangga sambil membawa panel surya. Untuk memasang panel surya ke atap, gunakan derek, kerekan, atau sistem derek berbasis tangga yang diperiksa dengan benar.
  4. Setelah dibuka kemasannya, tutupi panel dengan lembaran buram untuk mencegah penumpukan panas.
  5. Selalu kenakan sarung tangan saat menangani panel.

Membawa/Menggotong Panel Surya

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membawa panel surya. Panel surya akan kehilangan daya jika Anda membawa atau menggotong panel dengan cara yang salah. Meskipun bukan jumlah yang besar, setiap jumlah watt dan kerusakan dapat memburuk seiring waktu.

Cara yang direkomendasikan untuk membawa panel adalah modul bersandar pada lengan, bahu, punggung dan kepala sebanyak mungkin untuk mendistribusikan beban daripada terfokus pada satu tempat. Sebisa mungkin backsheet tidak diberi tekanan sama sekali.

Memasang Panel Ke Atap

Saat memindahkan modul ke atap yang siap dipasang, penggunaan lift yang dibuat khusus direkomendasikan. Ada segala macam pengangkat/kerekan panel surya di Youtube yang bisa dilihat sebagai bahan referensi. 

Memiliki lift/hoist/crane tidak selalu memungkinkan atau nyaman, sehingga beberapa pemasang secara manual memindahkan panel surya ke atap menggunakan tangga. Sementara rekomendasi membawa panel seperti yang dijelaskan di atas tetap berlaku, membawa panel surya ke atap melalui tangga ketika ada sedikit angin, Anda memerlukan keterampilan tangga yang cukup bagus.

Berdiri Di Panel

Sering kali kita melihat foto atau video pemilik sistem tenaga surya dengan bangga berdiri di atas panel. Berdiri di atas panel merupakan hal yang tidak diperbolehkan dan bukan sesuatu yang harus dibanggakan.

Menggunakan pencitraan electroluminescence yang dapat mengungkapkan cacat pada sel surya silikon kristal yang diakibatkan tekanan berlebih. Perhatikan beberapa sel yang lebih gelap ke arah kanan bawah. Sel yang terlihat lebih gelap  ini menunjukkan perkembangan microcracks (yang seringkali tidak terlihat) dan mengakibatkan hilangnya daya sebesar 2,2%. Microcracks akan menyebar lebih jauh di bawah pengaruh kelembaban, ekspansi dan kontraksi termal dan keausan.



Kategori

Edukasi

Berita Terkini