Seberapa Kuat Panel Surya?

 

Panel surya memungkinkan kita memanfaatkan kekuatan matahari yang menyediakan energi bersih untuk rumah atau perusahaan tanpa bahan bakar fosil. Selama 10 tahun terakhir, panel surya telah menjadi salah satu cara yang paling bisa diandalkan dan berkelanjutan untuk menghidupkan rumah dan gedung berbagai ukuran.

Jika diperhatikan dengan mata telanjang, panel surya terlihat seperti mudah pecah. Pada kenyataannya, desain panel surya sangat kuat dan dibuat agar dapat bertahan puluhan tahun.



Jika kita tinggal di daerah yang sering mengalami cuaca ekstrem seperti angin topan, hujan es, badai petir, angin kencang, maka Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari bagaimana panel surya terpengaruh oleh kondisi ini. Sistem panel surya perumahan biasanya menghabiskan biaya sekitar 70 juta rupiah atau lebih, dan seperti halnya investasi besar, perlu memastikan bahwa properti Anda dilindungi.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan mengasuransikan panel surya, namun badai besar tidak selalu dilindungi oleh asuransi. Hal ini membuat pemahaman bagaimana sistem panel surya dapat bertahan dalam peristiwa ekstrim sangat penting.



Asuransi biasanya hanya mencakup peristiwa seperti kebakaran, petir, pencurian, dan kerusakan karena air, jadi ini memberi Anda sedikit lebih banyak jaminan bahwa panel Anda dilindungi. Asuransi biasanya tidak mencakup peristiwa banjir, puing-puing yang beterbangan, dan bencana alam lainnya.



Seberapa Kuat Panel Surya?

Salah satu alasan mengapa panel surya begitu mahal adalah proses produksi menggunakan material kualitas tinggi. Oleh karena itu panel surya yang berkualitas dapat menahan hampir semua kondisi lingkungan. Ketika memperhatikan badai secara khusus, ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan.

Kerusakan terbesar yang dapat menyebabkan badai pada sistem panel surya berasal dari paparan angin dan air. Secara teoritis, angin yang cukup kuat dapat melepas panel surya dari struktur pemasangannya dan menyebabkan puing-puing atau benda lain menabrak permukaan panel. Tetapi ini semua tergantung pada seberapa kuat hempasan angin. Kerusakan karena air juga dimungkinkan, tetapi sebagian besar asuransi akan menanggung kerugian ini.



Rating beban angin yang dapat ditahan oleh panel surya sangat penting ketika menentukan bagaimana panel dapat bertahan dalam badai ekstrim. Beban angin diukur dalam pascal yang mewakili kekakuan dan kekuatan material. Kebanyakan panel surya dapat menahan hingga 2.400 pascal atau sama dengan hempasan angin dengan kecepatan 225 Kpj.


Desain Panel Surya

Sel surya terbuat dari sel-sel kristal dengan ketebalan hanya beberapa milimeter dan sel-sel ini sangat rapuh. Panel surya terdiri dari beberapa sel surya dengan bingkai di sekitar tepi untuk melindungi sel. Jika sel-sel dibiarkan terbuka, sel-sel ini dapat dengan mudah retak, jadi sebagai gantinya, sebagian besar panel PV berkualitas tinggi dilengkapi dengan pelindung laminasi, akrilik, atau casing kaca.




Daya Tahan

Kurangnya bagian yang bergerak adalah salah satu alasan mengapa panel surya sangat tahan lama. Dirancang secara hati-hati untuk penggunaan eksterior, panel surya mampu menahan rentang suhu yang lebar, kondisi cuaca, dan faktor luar. Panel diuji secara ketat untuk tetap kuat melawan dahan pohon, hujan es badai, angin dengan kecepatan tinggi, dan banyak lagi. Untuk mencegah panas berlebih atau retak pada suhu dingin, panel dilengkapi dengan kontrol khusus yang membuatnya dapat tetap beroperasi pada suhu ekstrim.



 
Masalah Potensial

Penempatan dan lokasi panel dapat mempengaruhi daya tahan, sehingga panel harus dijauhkan dari area yang rawan kerusakan, seperti dari batu jatuh atau pohon. Jika menggunakan sistem panel yang berdiri sendiri dan bukan dipasang di atap, Anda juga harus mempertimbangkan kerusakan yang dapat disebabkan oleh hewan dan orang-orang, terutama jika panel dekat dengan tanah. Jangan lupa, sistem energi surya tidak mampu menahan bencana alam seperti angin topan, tornado dan gempa bumi.



Panel surya bisa ditembus. Jika angin besar merusak atap rumah, kemungkinan besar angin juga dapat merusak panel surya. Meski begitu, panel surya menggunakan material kuat walaupun terbuat dari kaca. Dengan perawatan rutin, panel biasanya dapat bertahan selama 30 tahun.

 
Pemeliharaan dan Perbaikan

Rutin melakukan perawatan pada panel surya merupakan resep ampuh agar panel awet. Beberapa langkah paling dasar termasuk membersihkan kotoran burung dan debu dari panel. Tetapi penting juga untuk sesekali membersihkan panel dengan memanfaatkan tenaga profesional berpengalaman agar panel dapat berfungsi seperti sedia kala.

Jika ada yang tidak beres dengan sistem panel atau panel rusak, sebaiknya hubungi perusahaan pemasangan. Pada dasarnya sistem panel surya masih bisa berfungsi bahkan jika kaca retak.



 



Kategori

Edukasi

Berita Terkini