Tips Mencegah Burung Bersarang Di Panel Surya

Oleh Denie Kristiadi | Published 02-06-2021

DAFTAR ISI ARTIKEL

Panel surya semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun ada lagi kendala yang mungkin pengguna panel surya tidak tahu seperti kerusakan yang disebabkan oleh burung.

Oleh karena itu pada artikel ini, kami akan membagikan tips terbaik kami untuk menjaga panel surya Anda bebas dari hama burung seperti burung merpati.

CATATAN PENTING

      • Kerusakan yang ditimbulkan burung terhadap panel surya meliputi kotoran burung, bulu dan sarang yang dapat menyebabkan kebakaran, penyakit, dan mengurangi efektivitas panel surya.
      • Studi menyebut burung terbang rendah di antara susunan panel surya mungkin disebabkan oleh fakta bahwa mereka salah mengira panel sebagai badan air.
      • Burung sering terlihat mencari makan dan beristirahat di panel surya, dan bukti adanya kotoran di panel dapat menjadi indikator penting bagi Anda bahwa ada burung yang bersarang.

Bersihkan Panel Surya 

Metode paling efektif untuk mencegah burung bersarang di bawah panel surya Anda adalah dengan menjaganya tetap bersih. Ini dapat dialkukan dengan bantuan alat pemebersih seperti  tiang panjang dengan spons terpasang di ujungnya. Jika Anda membeli alat pembersih yang khusus dibuat untuk panel surya, Anda biasanya sudah mendapatkan sabun, pembersih, dan sikat.

Pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus membersihkan area panel dengan hati-hati. Pastikan untuk tidak terlalu agresif melakukan pembersihan karena panel surya bisa tergores. Jika Anda membersihkan panel secara teratur dan menghilangkan kotoran yang menumpuk, panel  akan bekerja lebih lama dan mudah-mudahan menjauhkan burung dari area panel.

Burung-burungan

Metode untuk menakut-nakuti burung agar menjauh dari panel surya memang tidak terlalu dikenal. Burung yang bersarang di bawah panel surya, seperti merpati dan burung gereja, takut pada burung pemangsa. Oleh karena itu, membeli patung burung pemangsa palsu dan menempatkannya di sekitar area tersebut dapat membantu.

Jala

Jika panel Anda sering di hinggapi burung, kami sarankan untuk menggunakan jaring di sekitar sisi panel surya. Ini akan menghentikan burung karena area tersebut akan diblokir, memaksa mereka untuk bersarang di tempat lain.

Jaring dapat melindungi investasi dari kerusakan di masa depan dan harus menjadi pilihan pertama Anda.

Duri atau Paku

Paku akan menjadi pilihan favorit kedua kami. Metode yang manusiawi untuk menghentikan burung bersarang di bawah panel surya akan mencegah burung mengakses area tersebut. Paku burung harus dibeli berdasarkan kualitasnya dan harga murah sering kali memiliki kualitas buruk.

Kami merekomendasikan hanya berinvestasi pada paku berkualitas tinggi yang tidak berubah warna atau karat. Ini akan menjaga investasi panel surya Anda aman dari hama burung.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, dua tip pertama harus digunakan sebagai metode proaktif untuk menghentikan burung bersarang. Namun, jika burung sudah bersarang, tip ketiga dan keempat sudah cukup! Seiring waktu, panel surya menjadi kurang efektif karena tumpukan debu dan kotoran burung, jadi pastikan untuk segera bertindak setelah Anda melihat burung bersarang di bawahnya.



Kategori

Edukasi

Berita Terkini