Lampu Tenaga Surya

Oleh Denie Kristiadi | Published 16-05-2021

DAFTAR ISI ARTIKEL

Dalam istilah ilmiah, 'Lampu Surya' adalah perlengkapan lampu portabel yang mencakup lampu LED, panel surya, dan baterai yang dapat diisi ulang. Secara sederhana solar berarti matahari dan penerangan berarti memberikan cahaya. Jadi, cahaya matahari adalah cahaya yang dihasilkan dengan bantuan energi matahari.

CATATAN PENTING

      • Lampu Tenaga Surya bekerja dengan bantuan efek fotovoltaik
      • Sinar matahari yang cukup diperlukan untuk mengisi baterai agar lampu tetap berfungsi sepanjang malam
      • Jenis lampu tenaga surya yang paling umum digunakan adalah lampu jalan tenaga surya

Lebih Jauh Mengenai Lampu Tenaga Surya

Informasi tentang cahaya matahari banyak tersedia di internet, dalam istilah sederhananya Lampu Tenaga Surya bekerja dengan bantuan efek fotovoltaik. Selain itu, sel surya merupakan bagian penting dari cahaya matahari karena hanya dapat mengubah sinar matahari menjadi arus listrik searah. Panel surya menyerap energi dan menyimpannya di baterai untuk digunakan saat malam.

Sel surya terdiri dari beberapa silikon kristal dan bahan kimia yang dapat membuat lapisan elektron bermuatan negatif dan ruang bermuatan positif. Ketika sinar matahari melewati sel surya, ia mengaktifkan elektron bermuatan negatif dan mendorongnya ke ruang bermuatan positif. Elektron ini kemudian disematkan ke dalam sel surya ke baterai melalui kabel tempat listrik disimpan. 

Pada siang hari baterai terisi penuh dan saat hari gelap, sel surya berhenti mengubah sinar matahari karena menjadi lemah. Namun, fotoreseptor pada cahaya merasakannya dan menyalakan cahaya yang terdiri dari beberapa dioda pemancar cahaya (LED). Proses ini diulangi pada siklus harian dan ketika siang hari fotoreseptor mematikan cahaya/lampu secara otomatis.

Ada berbagai jenis lampu surya yang tersedia di pasaran tetapi cara kerjanya sebagian besar sama. Sinar matahari yang cukup diperlukan untuk mengisi baterai sepenuhnya agar lampu tetap berfungsi sepanjang malam, oleh karena itu saat menempatkan lampu surya selalu periksa apakah panel jauh dari pohon dan semak-semak yang akan menghalangi sinar matahari.

Cara Kerja Energi Surya

Panel surya menyerap sinar matahari dengan bantuan sel surya dan mengubah energi matahari ini menjadi arus listrik searah yang disimpan menjadi baterai surya melalui pengontrol muatan untuk digunakan nanti. Satu sel surya mampu menghasilkan maksimum 0,45 volt dan arus yang dihasilkan bergantung pada ukuran sel dan banyaknya sinar matahari yang menerpa panel surya.

Panel surya terdiri dari beberapa sel surya dan susunan surya yang dirangkai dengan kabel bersama-sama. Sel surya terbuat dari silikon kristal, yaitu bahan semikonduktor yang dapat menghasilkan elektron bermuatan negatif dan ruang bermuatan positif. Ketika sinar matahari melewati sel surya, foton yang dilepaskan dari matahari mengetuk elektron ini dan mendorongnya ke ruang positif di dalam sel, membentuk sirkuit listrik. Listrik arus searah dihasilkan ketika elektron mengalir melalui rangkaian seperti itu.

Paduan Baterai dan Panel Surya

Panel surya disambungkan langsung ke baterai melalui pengontrol muatan, yang melindungi baterai dengan mencegah arus balik melalui sel surya dan mengatur voltase. Sel surya menghentikan proses konversi dan berhenti menghasilkan tenaga pada malam hari. Ketika tidak ada cukup sinar matahari untuk diubah, fotoreseptor pada cahaya akan merasakannya dan mulai menyuplai daya ke LED. Fotoreseptor mematikan cahaya secara otomatis saat fajar dan proses ini berulang setiap hari.

Jenis lampu tenaga surya yang paling umum digunakan adalah lampu jalan tenaga surya, lampu ini merupakan bentuk lampu tenaga surya modern kompak yang sangat mudah dipasang dan membutuhkan perawatan yang rendah.

Penggunaan Lampu Tenaga Surya

Lampu tenaga surya digunakan baik untuk keperluan indoor maupun outdoor. Penerangan dengan tenaga surya dapat dipasang di berbagai sektor publik dan swasta dan digunakan bahkan sebagai lampu lalu lintas dan rambu. Penerapan cahaya matahari yang paling umum adalah:

Lampu jalan tenaga surya

Desain lampu jalan tenaga surya kompak, ringan dan digunakan dalam berbagai aplikasi pencahayaan luar ruangan untuk menerangi jalan raya, jalan kecil di perumahan, jalan setapak, resor, halaman belakang, teras, halaman rumah, pergola, gazebo, taman, tempat parkir, lokasi konstruksi, area bermain, gedung sekolah dan perguruan tinggi, kompleks pabrik dan daerah terpencil mana pun yang tidak memiliki akses ke jaringan listrik.

Lampu taman tenaga surya

Lampu taman tenaga surya tersedia dalam desain modern dan berbagai gaya dan biasanya digunakan sebagai lampu hias untuk meningkatkan nilai estetika area luar ruangan dan untuk memberikan keamanan dan keberlanjutan. Mereka digunakan di taman, halaman rumput, pagar, teras, taman, restoran terbuka, halaman, balkon, geladak, tangga, kolam, tangga, tempat-tempat indah, jalan masuk dan teras.

Lampu darurat tenaga surya

Lampu darurat tenaga surya dikenal sebagai aksesori yang dapat diandalkan dan cocok untuk aplikasi serbaguna seperti operasi penyelamatan, hiking, perbaikan mobil, keamanan rumah, memancing, berkemah, dan aktivitas luar ruangan lainnya. Lampu ini berguna selama pemadaman listrik dan sering kali memiliki baterai built-in untuk mengisi daya perangkat elektronik.

Lampu banjir tenaga surya

Lampu sorot tenaga surya memberikan pencahayaan yang terfokus dan dapat digunakan di tempat yang memerlukan penerangan dalam sudut cahaya yang luas seperti ruang konser, tempat parkir yang luas, jalan raya, lapangan olahraga, instalasi keamanan militer dan sipil, penerangan fasad, bandara, pabrik dan bangunan arsitektur dan monumen.

Lampu tenaga surya dalam ruangan

Lampu surya dalam ruangan digunakan sebagai sumber tenaga alternatif dan terkadang sebagai sumber utama. Mereka menawarkan fitur yang berbeda dan biasanya terhubung ke panel surya yang dipasang di atas gedung.



Kategori

Edukasi

Berita Terkini