Robot Dalam Industri Energi Surya

Oleh Denie Kristiadi | Published 12-10-2021

DAFTAR ISI ARTIKEL

Robotika dan otomatisasi telah ada di industri surya selama bertahun-tahun. Kunjungi fasilitas manufaktur modul surya mana pun dan Anda akan menemukan lengan robot merakit sel menjadi string, kabel solder, dan menyegel lembaran belakang.

CATATAN PENTING

      • Robotika dapat mengurangi biaya instalasi dan pemeliharaan sistem, meningkatkan keterjangkauan umum energi bersih.
      • Menambahkan teknologi otonom ke industri energi terbarukan dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi dan memperluas akses energi terbarukan.

Bahkan di luar manufaktur, lebih banyak robotika sekarang memasuki layanan energi surya. Dari pemeliharaan skala utilitas hingga bantuan konstruksi, perangkat otonom memberikan bantuan kepada kru tenaga surya.

Pemeliharaan Vegetasi

Ketika domba tidak cukup, mesin pemotong rumput otomatis dapat menghemat banyak waktu dan tenaga dalam hal pemeliharaan vegetasi. Perusahaan Texas Renu Robotics telah mengembangkan Renubot selama beberapa tahun terakhir. Traktor otonom Renubot merupakan mesin pemotong rumput yang menggunakan GPS dan lidar untuk memetakan dan memotong rumput di bawah dan di sekitar instalasi surya. Mesin pemotong rumput ini ditenagai oleh baterai lithium yang diisi dayanya dengan cepat di penutup dok milik Renubot.

Mesin pemotong rumput dapat bekerja siang atau malam dan dengan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan kondisi dan lingkungan. Renubot menggunakan beberapa sensor untuk menentukan lokasinya, jika ada rintangan dan ke mana harus bergerak selanjutnya.

Renu Robotics memasuki tahun 2021 dengan dana penuh dari investor dan meningkatkan jumlah pekerjanya, mempekerjakan insinyur dan teknisi lapangan untuk segera menggunakan mesin pemotong rumput otonom di lokasi proyek tenaga surya AS.

Robot Pembersih Panel Surya

Setelah memulainya di daerah berdebu di Timur Tengah, pembersih panel surya Ecoppia menggunakan pengalaman luasnya untuk memperluas kehadirannya di Amerika Utara. Robot otonom bergerak melintasi sistem kemiringan tetap dan sistem pelacakan untuk membersihkan panel tanpa air. Setiap robot Ecoppia memiliki modul surya on-board sendiri untuk daya. Platform AI Ecoppia memulai pembersihan berdasarkan kondisi cuaca dan situasi lainnya, yang pada akhirnya mengembangkan jadwal perawatan yang optimal untuk lingkungannya.

Robot E4 (untuk kemiringan tetap) bergerak di sepanjang jalurnya sendiri melintasi deretan modul, melayang di atas panel dan membersihkannya dengan kain mikrofiber yang berputar. Ketika robot menyelesaikan satu baris, robot itu ditambatkan dengan aman di tepi larik, terlindung dari elemen dan tidak memberikan bayangan ke baris panel.

Robot T4 (untuk sistem pelacakan) bertindak lebih seperti Roomba, bergerak bebas melintasi baris, dan memiliki sensor sehingga tidak jatuh. T4 juga menggunakan kain mikrofiber yang berputar dan berlabuh di ujung baris setelah pekerjaan selesai.

Tahun lalu, Ecoppia menerima investasi $40 juta dari perusahaan real estate AS CIM Group, yang memungkinkan perusahaan untuk lebih berkembang secara geografis. 

Survei Tempat

Untuk bantuan langsung dengan survei tanah, penyedia solusi surya ground-mount TerraSmart menggunakan Autonomous Precision Survey Rover (APSR). File koordinat diunggah ke tablet, kemudian APSR mulai mengerjakan "misi" survei dan pengeboran lubang pilot untuk ground screw. Robot bertenaga baterai (dengan generator gas cadangan) dapat mengebor hingga 1.300 lubang pilot setiap hari. Bepergian dengan kecepatan maksimum 25 kpj dan melintasi tanjakan hingga 45°, APSR dapat mengebor lubang selebar 2 inci.

TerraSmart memiliki tiga penjelajah berpemilik yang disebarkan ke proyeknya sendiri. Di mana kru manusia biasa dapat menemukan 200 titik survei setiap hari, APSR secara signifikan lebih cepat dan lebih tepat.

“Setiap kali kami menggunakan APSR di lokasi proyek, fase pemasangan rak berjalan lebih cepat, lebih lancar, dan menghasilkan toleransi yang lebih baik,” kata Ashleigh Kent, direktur pemasaran TerraSmart. “APSR bekerja paling baik di situs tanah yang lebih besar yang mengandung lebih sedikit batu. Itu membuat pemasangan lebih cepat dan lebih akurat.”

Penempatan Modul

Membongkar panel surya dan menempatkannya ke rak di situs skala utilitas besar dapat dilakukan secara otomatis, berkat hadiah DOE senilai $1,9 juta kepada RE2 Robotics. RE2 ingin menerapkan teknologi robot luar ruangannya yang otonom pada konstruksi surya dan meningkatkan proses perakitan medan surya

Robot akan menambah kru konstruksi surya, bukan menggantikan mereka. Mereka dirancang untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan meningkatkan keselamatan pekerja, memungkinkan kontraktor skala utilitas untuk menghasilkan lebih banyak megawatt, lebih cepat.

“Proses konstruksi tenaga surya saat ini sebagian besar manual, dengan sejumlah besar tugas berulang di proyek yang sangat besar. Mengembangkan teknologi yang membuat proses lebih efisien akan membuat energi surya menjadi sumber energi yang lebih ekonomis untuk masa depan, ”kata Jorgen Pedersen, presiden dan CEO RE2.

RE2 saat ini bermitra dengan perusahaan seperti Array Technologies dan Mortenson untuk melihat bagaimana robotika seluler dapat membantu konstruksi surya skala utilitas.



Kategori

Edukasi

Berita Terkini