Apakah Sel Panel Surya Rusak atau Retak Masih Berfungsi?

Oleh Denie Kristiadi | Published 08-06-2021

DAFTAR ISI ARTIKEL

Jika sel pada panel surya telah rusak atau Anda mencoba membangun panel surya dengan anggaran terbatas, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan sel yang rusak sebagai bagian dari panel Anda.

CATATAN PENTING

      • Jarang sel surya di belakang kaca rusak saat kaca panel pecah. 
      • Jika pecah terjadi pada sebagian kecil permukaan panel, panel masih mampu menyerap cahaya yang cukup untuk menghasilkan output yang dapat digunakan. 
      • Pemilik cukup memperbaiki panel dengan waterproofing.

Terlepas dari kepercayaan berbagai macam pendapat, meskipun sel surya itu sendiri sangat rapuh dan mudah retak dengan sedikit benturan atau goresan, mereka masih menghasilkan sebagian besar tegangan. Output daya sel akan terpengaruh tergantung seberapa banyak sel yang rusak meskipun biasanya tidak lebih dari 10-20% dari sel yang rusak.

Selama tab dan sebagian besar sel masih utuh, sel biasanya masih dapat digunakan dalam panel. Cobalah untuk melakukan pengukuran tegangan di seluruh tab sel dengan terkena sinar matahari penuh, jika sel tidak terlalu rusak parah, mereka masih bisa menghasilkan 85-100% tegangan.

Sayangnya, tanpa sel yang terhubung ke beban, sangat sulit untuk menentukan berapa banyak daya sel yang hilang karena putus atau retak. Namun tidak masalah untuk mengasumsikan bahwa output daya sel akan berkurang dengan persentase yang sama dengan area yang telah terputus.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Solar Panel Rusak

Pertanyaan pertama yang muncul di benak ketika panel surya rusak adalah apakah akan memperbaikinya atau membuangnya. Tidak seperti gadget elektronik lainnya, panel surya memiliki harapan hidup lebih lama dan bukan teknologi yang bisa dibuang begitu saja hanya karena rusak. Saat membeli panel surya, sebagian besar pengguna memikirkan apa yang bisa salah dan apakah berinvestasi di panel adalah langkah finansial yang bijaksana. Panel surya dibangun untuk menangani elemen. Namun, seperti halnya kaca depan mobil, panel terkadang mengalami benturan keras yang menyebabkannya pecah. Karena posisinya, sebagian besar panel surya mengalami kerusakan fisik akibat benturan dari cabang pohon dan hal lainnya. Mari kita lihat bagaimana menangani panel surya yang rusak.

Kaca Pecah Pada Panel Surya

Jika Anda tinggal di daerah yang rawan badai, kemungkinan besar panel surya Anda akan rusak karena tertimpa pohon dan dahan. Panel surya memiliki kaca meruncing yang berarti bahwa ketika sisi depan panel terkena, kaca akan pecah menjadi potongan-potongan kecil tetapi lem di dalam muka kaca membantu potongan-potongan kecil ini tetap di tempatnya. Jarang, sel surya di belakang kaca rusak saat kaca panel pecah. Jika pecah terjadi pada sebagian kecil permukaan panel, panel masih mampu menyerap cahaya yang cukup untuk menghasilkan output yang dapat digunakan. Pemilik cukup memperbaiki panel dengan waterproofing.

Namun, jika pecahan kaca menutupi area permukaan yang luas, pemilik mungkin terpaksa mengganti seluruh permukaan panel. Pemasang panel surya profesional harus datang dan menilai kerusakan untuk menentukan apakah sel panel juga terpengaruh. Setelah menilai kerusakan dengan cermat, pemasang surya akan memberi tahu pemiliknya apakah perlu memperbaiki panel yang rusak atau menggantinya.

Panel Rusak Karena Petir

Rusaknya petir pada sistem tenaga surya merupakan hal yang umum terjadi. Pencahayaan dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem panel surya dan dalam beberapa kasus menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Jika Anda tinggal di daerah yang sering mengalami petir, disarankan untuk tidak memasang panel surya di dekat pohon yang tinggi. Jika panel surya Anda rusak karena panas dan hujan, Anda perlu menghubungi ahlinya untuk menilai situasinya terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan lebih lanjut. Biasanya, sulit untuk memperbaiki panel surya yang tersambar petir.

Retak Mikro Disebabkan Oleh Elemen

Panel surya terbuat dari sel silikon yang dibuat dari wafer yang sangat tipis. Karena tekanan yang disebabkan oleh faktor kimia, mekanik dan alam seperti angin dingin yang parah, matahari, salju dan hujan es, bisa menyebabkan retakan mikro yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Retakan mikro ini tidak mungkin dihindari. Namun, perusahaan instalasi surya memiliki garansi gabungan daya dan produk yang mencakup kerusakan yang disebabkan oleh retakan mikro. Dengan perawatan panel surya yang tepat, Anda dapat mencegah retakan mikro yang menyebabkan lebih banyak kerusakan pada panel.

Apakah Ada Cara Memperbaiki Panel Surya yang Retak?

Selama masa pakainya, panel surya dihadapkan pada berbagai situasi yang merusaknya dalam beberapa cara. Entah itu karena masalah pemasangan atau kekuatan elemen, ada kemungkinan panel surya Anda mungkin mengalami kerusakan kecil di beberapa titik. Sementara panel surya yang retak bukanlah kerugian total, ia tidak akan bekerja secara maksimal. Ketika sebuah panel rusak secara signifikan, ia tidak dapat menghasilkan daya dengan baik, tetapi selama sel tidak lebih dari 20 persen rusak, ia harus dapat menghasilkan sebagian besar tegangan.

Bagi pemilik rumah yang ingin memasang panel surya dengan anggaran terbatas, panel surya yang retak atau pecah akan tetap menghasilkan tegangan. Namun, mereka lebih cenderung berhenti bekerja lebih cepat karena paparan elemen yang konstan pada akhirnya akan merusak sel. Jadi jika Anda mencari umur panjang saat membeli panel surya, hindari yang retak atau pecah.

Setelah panel surya rusak, tidak ada cara untuk memperbaikinya. Meskipun masih berfungsi, Anda tidak dapat memasang kembali bagian yang putus. Panel PV membutuhkan sel yang harus disegel sepenuhnya untuk memungkinkan kinerja yang optimal. Satu-satunya cara untuk memperbaiki kerusakan untuk output yang optimal adalah dengan mengganti panel.

Mencegah Panel Surya Rusak

Untuk orang yang sudah memiliki panel surya, cara terbaik untuk menjaga panel dalam kondisi terbaik adalah melalui pencegahan dan perawatan. Menjaga panel surya Anda tetap bersih dapat membantu mereka mengeluarkan jumlah tegangan maksimum. Namun, pastikan Anda tidak membilasnya dengan air dingin, karena panel yang hangat bisa retak saat terkena dingin. Sebagai gantinya, gunakan air hangat untuk melakukan tugas tersebut. Selain itu, jika ada benda di dekatnya, seperti dahan pohon, potong dahan pohon-pohon tersebut agar cuaca yang tidak terduga tidak membuat mereka jatuh menimpa panel Anda.

Meskipun tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki panel surya yang sudah rusak, Anda dapat melakukan yang terbaik untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Jika Anda waspada dengan perawatan Anda, Anda dapat menjaga panel Anda bekerja pada kapasitas optimal.



Kategori

Edukasi

Berita Terkini