Penyebab Panel Surya Tidak Bekerja

Oleh Denie Kristiadi | Published 05-10-2021

DAFTAR ISI ARTIKEL

Ketika jaringan listrik mati, Anda langsung tahu karena lampu dan perangkat elektronik tiba-tiba berhenti bekerja. Listrik mati membuat frustrasi, tetapi Anda yakin bahwa operator utilitas akan menyelesaikan masalah secepat mungkin. Sayangnya, semua ini tidak berlaku untuk tenaga surya.

CATATAN PENTING

      • Penumpukan getah pohon, debu dan kotoran burung selama periode musim panas yang panjang dapat mengurangi kinerja panel surya.
      • Terkadang sebuah pohon yang tidak terlalu jauh dari sistem, rantingnya tumbuh baru dan mulai menaungi panel surya Anda. 

Saat Sistem Tenaga Surya Tidak Bekerja

Sebagian besar sistem fotovoltaik (PV) terikat jaringan atau on-grid. Jadi, jika panel surya berhenti bekerja, peralatan elektronik dan lampu Anda hanya mengambil listrik dari jaringan. Anda tidak akan tahu ada yang salah sampai ketika membayar tagihan berikutnya dan menemukan bahwa penghematan listrik berkurang.

Memeriksa meteran exim surya Anda secara teratur dapat membantu Anda mendeteksi masalah sebelum tagihan listrik membengkak. 

Ketika sistem tenaga surya anda tidak bekerja, tidak ada teknisi utilitas untuk membantu membuat sistem kembali online. Sebagai pemilik instalasi surya, Anda bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah apa pun. Terlepas dari banyak janji yang dibuat oleh pemasang dan produsen surya tentang ketahanan teknologi, setiap sistem PV memerlukan setidaknya beberapa pemeliharaan dan servis selama 20 hingga 25 tahun masa pakai garansi mereka.

Kecuali Anda seorang teknisi surya yang berpengalaman dan terlatih, sangat sulit untuk memecahkan masalah instalasi surya yang tidak berfungsi jika Anda tidak mengetahui akar penyebab masalahnya.

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi beberapa alasan paling umum mengapa panel surya Anda berhenti bekerja – dan cara memperbaiki masalah tersebut.

Meteran Exim Rusak

Meteran exim tidak bekerja adalah penyebab utama sistem PV tidak berfungsi maksimal. Panel benar-benar berfungsi dengan baik, tetapi meteran tidak dapat membaca produksi energi matahari dengan benar.

Salah satu alasan hal ini terjadi adalah bahwa meteran exim menjadi usang dari waktu ke waktu. Mereka diproduksi menggunakan teknologi seluler terbaru, tetapi operator telekomunikasi secara teratur menghentikan dukungan saat protokol yang lebih baru muncul. Misalnya, banyak meteran surya yang dibuat menggunakan standar 2G dan akan segera tidak lagi berfungsi saat 4G/5G populer.

Selain itu, beberapa meteran surya mengandalkan Internet di rumah Anda, yang dapat dengan mudah terputus karena kehilangan sinyal atau perubahan penyedia layanan. Bisa juga hanya perangkat lunak atau perangkat keras yang bermasalah yang perlu diperbaiki.

Solusinya adalah mengganti meteran exim lama dengan yang baru dengan menggunakan protokol seluler terkini. Jika meteran benar-benar rusak, Anda dapat menghubungi perusahaan dimana Anda pasang sistem tenaga surya untuk menentukan apakah masalahnya terkait perangkat lunak atau perangkat keras.

Sekering

Sekering yang mengontrol aliran listrik di rumah Anda terkadang bisa turun. Anda dapat dengan cepat menentukan apakah ini penyebabnya dengan membuka kotak pemutus untuk melihat apakah ada sakelar dalam posisi "mati".

Jika Anda tidak yakin bagaimana cara memeriksa sekering, perusahaan tempat Anda pasang panel surya biasanya dapat memandu langkah-langkah melalui telepon.

Perubahan Musim

Banyak pemilik tenaga surya sangat fokus pada penghematan bulanan (atau harian) sehingga mereka menjadi khawatir ketika kinerja sistem PV mereka berubah seiring waktu. Namun pada kenyataannya, sangat umum tagihan utilitas Anda tumbuh lebih besar dan lebih kecil sepanjang tahun seiring berjalannya musim.

Misalnya, panel surya Anda akan menghasilkan lebih banyak daya selama musim panas daripada selama musim penghujan. Fluktuasi ini sangat normal, dan Anda tidak perlu khawatir.

Kotoran dan Debu

Kinerja panel surya menurun seiring waktu, kehilangan efisiensi sekitar 1% hingga 2% setiap tahun. Ini berlaku untuk semua panel surya – terlepas dari produsennya. Dan degradasi linier ini sudah diperhitungkan dalam cakupan garansi panel.

Namun, jika penurunan kinerja utama dari tahun ke tahun tidak normal terjadi dengan instalasi Anda, kemungkinan penyebabnya adalah penumpukan debu. Saat kotoran dan puing-puing terkumpul, mereka menghalangi sinar matahari – yang berdampak negatif pada keluaran listrik tenaga surya.

Untuk melindungi penghematan tenaga surya Anda, membersihkan panel secara teratur adalah strategi terbaik. Anda dapat melakukannya sendiri dengan selang taman sederhana. Namun untuk hasil yang optimal, kami menyarankan menggunakan larutan air murni untuk menghindari goresan, dan atur waktu saat menyiram dengan air selama jam-jam yang lebih sejuk untuk menghindari bercak

Kesimpulan

Ada banyak alasan lain mengapa panel surya Anda berhenti bekerja:

  • Pengerjaan instalasi yang buruk
  • Kabel usang atau kelebihan beban
  • Komponen yang terkorosi (terkena cuaca)
  • Inverter rusak
  • Kerusakan komponen yang disebabkan oleh hewan pengerat
  • Panel rusak (biasanya setelah hujan es)

Selama beberapa dekade, Anda mengharapkan panel terus berfungsi, tetapi masalah dapat saja  terjadi lebih sering daripada yang Anda sadari. Dalam banyak kasus, masalah ini sebenarnya dapat menyebabkan kegagalan sistem secara total – membuat panel surya Anda tidak menghasilkan daya sama sekali.

Meskipun intervensi segera diperlukan, pemecahan masalah sendiri tidak disarankan karena bekerja dengan peralatan listrik bertegangan tinggi pada dasarnya berbahaya. Selain risiko cedera atau kerusakan properti yang selalu, mencoba memperbaiki masalah sendiri dapat membatalkan garansi panel Anda.



Kategori

Edukasi

Berita Terkini