Bagaimana Cara Kerja Baterai Surya?

Oleh Denie Kristiadi | Published 22-11-2021

DAFTAR ISI ARTIKEL

Tidak semua sistem tenaga surya memiliki baterai surya terpasang. Faktanya, hanya sedikit instalasi surya perumahan yang memiliki cadangan baterai, meskipun jumlahnya meningkat dengan cepat. Banyak sistem tenaga surya yang masih bergantung pada listrik jaringan, apalagi saat mendung atau malam hari.

CATATAN PENTING

      • Panel surya adalah sumber energi terbarukan yang bagus, tetapi mereka hanya menghasilkan energi saat matahari bersinar. Saat itulah baterai surya dapat membantu.
      • Baterai menyimpan energi yang tidak terpakai dari panel surya Anda untuk digunakan pada malam hari, atau pada hari berawan. 

Pada saat itu, melalui koneksi ke jaringan listrik konvensional, sistem tenaga surya "menjual kembali" energi ekstra ke perusahaan listrik. Pada malam hari, sistem yang terhubung ke jaringan ini hanya menggunakan listrik konvensional, membelinya dari perusahaan listrik.

Menambahkan sistem baterai memungkinkan dua manfaat utama. Pertama, memberi pemilik rumah kemampuan untuk menggunakan daya baterai selama jam-jam ketika cuaca mendung, hujan atau saat malam hari. Kedua, cadangan baterai memungkinkan Anda menghindari gangguan listrik jika jaringan listrik padam.

Sementara sistem baterai menambah biaya instalasi tenaga surya, manfaat ini juga dapat menghemat tagihan listrik. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apakah baterai surya cocok untuk Anda, ada baiknya untuk memahami cara kerjanya.

Cara Kerja Baterai Surya

Ketika rumah Anda tidak membutuhkan semua energi yang dihasilkan oleh panel surya, kelebihan energi disimpan dalam baterai. Ketika panel surya tidak menghasilkan energi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan daya, baterai mengeluarkan daya cadangan.

Baterai surya biasanya mengandung dua bahan, yang bereaksi di dalam baterai untuk menyimpan dan melepaskan listrik - asam timbal, jenis yang lebih tua dan lebih murah, dan lithium ion, jenis baterai surya paling populer saat ini.

Cara Anda mengkonfigurasi sistem baterai surya memengaruhi cara kerjanya. Anda memiliki tiga opsi utama:

  • Sambungkan panel surya hanya ke sistem baterai surya, sering-seringlah mengisi dan mengosongkannya sebagai respons terhadap waktu tanpa matahari sehingga Anda masih mendapatkan listrik. Ini berguna saat berada di area "off-grid", jauh dari utilitas listrik.
  • Hubungkan panel surya Anda ke sistem baterai surya dan ke jaringan. Anda dapat memilih untuk mengisi baterai dan hanya menyimpannya sebagai cadangan atau mengekspor kelebihan listrik ke jaringan.
  • Produsen baterai surya sering menawarkan jaminan atau garansi berapa lama produk mereka akan bekerja, tetapi masa pakainya dapat sangat bervariasi tergantung pada faktor yang berbeda.

Penggunaan Inverter

Inverter memainkan peran penting dalam cara baterai menyimpan dan mengubah energi matahari. Sementara panel surya menghasilkan listrik dalam arus searah, atau DC, jaringan listrik dan rumah umumnya menggunakan arus bolak-balik, atau AC. Inverter dapat mengubah AC ke DC atau sebaliknya, dan sebagian besar baterai surya menyertakan inverter untuk menyimpan energi dalam bentuk DC, serta inverter untuk mengubahnya kembali menjadi AC untuk digunakan di jaringan atau rumah.

Karena pembalikan arus tidak efisien secara sempurna, produsen baterai selalu bereksperimen dengan cara mengurangi frekuensi membalik dan meningkatkan efisiensi baterai. Akibatnya, beberapa baterai tidak memiliki inverter untuk input dan output yang disertakan dalam sistem. Bicaralah dengan pemasang surya tentang sistem baterai yang Anda ingin beli sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki semua inverter eksternal yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Tenaga surya hanya tersedia saat cuaca cerah. Menambahkan sistem baterai penyimpanan tenaga surya memastikan Anda selalu memiliki daya saat matahari tidak keluar. Baterai surya dirancang untuk bekerja selama bertahun-tahun, tetapi pada akhirnya mereka kehilangan efisiensi dan berhenti bekerja, biasanya sebelum masa pakai panel surya, yang seringkali bertahan 25-30 tahun.

Pemasang sistem tenaga surya profesional dapat membantu Anda memilih baterai yang sesuai dengan tujuan Anda, apakah Anda ingin sepenuhnya berada di luar jaringan atau meminimalkan biaya Anda dari perusahaan listrik saat malam hari.

 



Kategori

Edukasi

Berita Terkini